Minggu, 01 Juni 2008

Komunikasi sosial dan komunikasi massa

Komunikasi sosial dan komunikasi massa

Komunikasi sosial adalah suatu kegitan komunikasi yang lebih diarahkan kepada pencapaian suatu situasai integrasi sosial. Karena itu kegiatan komunikasi sosial adalah lebih intensif daripada komunikasi massa. Melalui komunikasi sosial terjadilah aktualisasi dari masalah-masalah yang dibahas. Selain itu kesadaran dan pengetahuan tentang materi yang dibahas makin meluas dan bertambah .
Komunikasi sosial adalah sekaligus suatu proses sosialisasi. Melalui komunikasi sosial dicapailah suatu stabilitas sosial, tertib sosial, penerusan nilai-nilai lama dan baru yang diagungkan oleh masyarakat. Melalui komunikasi sosial kesadaran bermasyarakat dipupuk, dibina, diperluas.
Melalui komunikasi sosial masalah-masalah sosial dipecahkan melalui konsensus.
Komunikasi massa adalah suatu kegiatan komunikasi yang ditujukan kepada orang atau sekelompok orang banyak yang tidak dikenal. Komunikasi politik adalah komunikasi yang diarahkan kepada pencapaian suatu pengaruh sedemikian rupa sehingga masalah yang dibahas oleh jenis kegiatan komunikasi dapat mengikat semua warganya melalui suatu sanksi yang ditentukan bersama-sama oleh lembaga-lembaga politik.
Perubahan struktur sosial dengan sendirinya akan mengakibatkan instabilitas sosial apabila tuntutan yang diharapkan tidak mencapai sasarannya.
Adapun nasalah-masalah tambahan sebagai tambahan sebagai akibat samping dari pembangunan itu sendiri sukar ditiadakan sekaligus. Karena itu melalui komunikasi sosial masalah-masalah ini dapat diatasi dengan:1. Menyadarkan masyarakat akan gejala-gejala sampingan.2. Mengadakan pendididkan politik.
Babarapa jalan yang dapat ditempuh melalui komunikasi sosial dalam meningkatkan_integrasi_bangsa:1. Pendakatan identifikasi bangsa melalui bahasa2. Identifikasi sosial melalui proses belajar3. Identifikasi sosial melalui legitimasi
Unsur budaya merupakan dasar kehidupan sehari-hari dan dasar dari titik tolaknya komunikasi. Dengan demikian kebudayaan adalah suatu kebutuhan psikologi manusia dalam mengekspresikan diri
Dengan meningkatnya teknologi komunikasi, unsur kedaulatan atas wilayah makin menjadi kabur. Selain itu yang menjadi masalah komunikasi internasional adalah perpindahan teknologi yang tidak selalu diterima.









Tidak ada komentar: