Minggu, 01 Juni 2008

Mengenal Bauran Komunikasi Pemasaran

Mengenal Bauran Komunikasi Pemasaran

Bicara komunikasi pemasaran, tak hanya sekedar iklan yang bisa berperan di sini. Komunikasi pemasaran merupakan bagian dari semua area pemasaran. Sementara pemasaran sendiri memiliki bauran pemasaran yang terdiri dari 4P (price, place, promotion, product), dan termasuk di dalamnya people, processes and physical evidence (menjadi 7P), ketika berbicara tentang pelayanan pemasaran.
Sebuah website, marketingteacher.com, khusus memuat artikel-artikel pemasaran dari para pengajar pemasaran dan berbasis di Inggris, memuat bahwa komunikasi pemasaran merupakan promosi dari bauran pemasaran yang ada. Diilustrasikan, komunikasi pemasaran terintegrasi dalam arti mengkombinasikan, menggabungkan atau meletakkan potongan-potongan jigsaw secara sederhana sehingga membuat sebuah gambar yang lengkap. Ini berarti bahwa satu pesan tunggal disampaikan oleh semua komunikasi pemasaran. Alhasil pesan yang berbeda akan membingungkan pelanggan serta merusak brand. Untuk ini tentunya pebisnis perlu mengetahui, hal-hal apa saja yang termasuk ke dalam bauran komunikasi pemasaran.
Penjualan Personal
Dimana penjual individu menjual produk, layanan atau solusi kepada klien, Penjual mencocokkan keuntungan dari penawaran kebutuhan spesifik mereka kepada klien. Dewasa ini, penjualan pribadi mencakup pengembangan hubungan jangka panjang dengan klien.
Promosi Penjualan
Merupakan berbagai inisiatif yang diambil organisasi untuk memajukan kenaikan penjualan, penggunaan atau percobaan produk atau layanan (sebagai contoh prakarsa yang tidak di-cover oleh elemen lain pada komunikasi pemasaran. Promosi penjualan sendiri bervariasi. Contohnya tawaran program buy one get one free, pemberian hadiah, diskon harga, kupon atau voucer, dan pemberian produk contoh produk.

Public Relation
Public Relations (PR) merupakan konsep yang sangat luas, berisi sangat banyak elemen. PR mengkomunikasikan banyak tujuan antara organisasi dengan publik yang bertujuan menghasilkan kebaikan. purposeful communications between an organisation and its publics that aim to generate goodwill. Publik, termasuk di dalamnya stake holder. PR proaktif dan berorientasi masa depan, memiliki tujuan membangun dan menjaga persepsi yang positif tentang organisasi di mata publik.

Pemasaran Langsung
Merupakan saluran pendekatan bebas kepada distribusi dan komunikasi pemasaran. Sebuah organisasi sebaiknya memiliki strategi untuk berhubungan langsung dengan pelanggan, seperti bank atau industri komputer. Di sini tidak ada perantara seperti distributor, retailer atau wholesalers.
Periklanan
Merupakan elemen penting dari bauran komunikasi pemasaran. Bagian ini mengarah kepada satu pesan pada orang banyak dengan satu komunikasi.
Brands
Branding merupakan sebuah strategi yang digunakan para pemasar. Sementara brand merupakan ruang persepsi pada consumer, yang hasilnya dari kesadaran secara total sebelum mengambil keputusan pembelian.
Selain hal-hal di atas termasuk juga di dalam bauran komunikasi pemasaran adalah pameran perdagangan, sponsorship, packaging, merchandising, dan e-marketing. (SH)

2 komentar:

i....Cha nEcH mengatakan...

cie..........

isi blognya Tentang mata kuliah
semua.isi dengan yang lainnya donk non...........

yoanfa18 mengatakan...

marketing communication, sama ga ma pr tuh........